Home » Renstra

Renstra

RENCANA STRATEGI (RENSTRA) FAKULTAS ILMU BUDAYA (FIB) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GORONTALO

BAB I PENDAHULUAN

Rencana Strategis ini merupakan rencana pengembangan FIB-UMG untuk periode 2014-2018. Rencana Strategi ini dibangun berdasarkan visi Fakultas Budaya (FIB) yang merupakan kristalisasi cita-cita dan komitmen bersama tentang kondisi ideal masa depan yang ingin dicapai dengan mempertimbangkan potensi yang dimiliki permasalahan yang dihadapi dan berbagai kecenderungan (perubahan lingkungan) yang sedang dan akan berlangsung. Berdasarkan visi tersebut diatas, selanjutnya dirumuskan berbagai tujuan dan sasaran yang akan dicapai lima tahun kedepan. berdasarkan tujuan dan sasaran tersebut, selanjutnya dirumuskan skenario untuk mencapainya. skenario yang dimaksud meliputi strategi dan program pengembangan yang perlu ditempuh beserta indikator-indikator keberhasilannya. titik berat perencanaan strategi pengembangan fakultas ini adalah aspek-aspek strategi dalam penyelenggaraan dan pengembangan FIB-UMG. Aspek-aspek strategi yang dimaksud meliputi :

  1. Kinerja penyelenggaraan pendidikan
  2. Kinerja penyelenggaraan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,
  3. Kinerja Manajemen FIB-UMG yang meliputi bidang manajemen sumber daya insani, keuangan, umberdaya fisik, pengembangan kampus, administrasi akademik, pengembangan perpustakan, dan teknologi informasi,
  4. Budaya organisasi dan iklim akademik, dan
  5. Jaringan kerjasama (networking) yang perlu mendapatkan penekanan adalah bahwa aspek-aspek tersebut bukanlah sesuatu yang saling terpisah tetapi merupakan suatu kesatuan yang saling terkait.  penyusunan Rencna Strategi ini dimaksudkan sebagai pedoman untuk penyelenggaraan dan pengembangan FIB-UMG-5(lima) tahun kedepan. Rencana Strategi ini bukanlah merupakan pedoman yang statis, melainkan dinamis. Artinya, rencana tersebut dapat ditinjau ulang secara periodik, stiap setahun sekali. peninjauan rencana juga dapat dilakukan sesuai dengan perubahan-perubahan penting yang diperkirakan berpengaruh secara signifikan terhadap penyelenggaraan dan pengembangan FIB-UMG.