Cinda A. Rahman Perwakilan Untuk Negara Bahrain Di Unicef Untuk Asia

  

 

        Cinda Amilia Rahman adalah Mahasiswi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Muhammadiyah Gorontalo (Umgo), kali ini mengukir prestasi lagi dengan mengikuti sebuah ajang Internasional yakni menjadi delegasi Indonesia untuk perwakilan Negara Bahrain di UNICEF untuk ASIA, Youth International Model United Nation 2019. AYIMUN (Asia Youth International Model United Nations) adalah MUN Internasional yang diselenggarakan oleh Indonesia Global Network, sebuah NGO (Non-Governmental Organization) dan Event Organizer yang bergerak dibidang MICE (Meeting, Incentives, Convention, and Exhibition). AYIMUN ini adalah MUN Internasional se-Asia.

         Model United Nation, biasa disebut dengan Model UN atau MUN, adalah simulasi atau aktivitas akademik yang didalamnya pelajar atau mahasiswa dapat belajar tentang diplomasi, hubungan internasional dan persatuan bangsa-bangsa. MUN juga mengajarkan riset, public speaking, debat, dan skill menulis didalam berfikir kritis, kerjasama dan kemampuan kepemimpinan. Peserta dalam konferensi MUN ini disebut sebagai delegasi yang mewakili dari berbagai negara, figure politik dan organisasi internasional yang mendiskusikan suatu topik. Setiap delegasi diharuskan melakukan sebuah riset sebelum konferensi yang kemudian didiskusikan dan didebatkan dengan delegasi lain. Di akhir konferensi, delegasi terbaik akan mendapatkan penghargaan dengan beberapa kategori.

         Tujuan AYIMUN ini adalah (1) meningkatkan pengalaman internasional dengan membawa isu internasional di abad ke 21 ini, (2) melatih kepemimpinan, analisis, diplomasi juga skill public speaking, (3) meningkatkan pengetahuan para delegasi tentang PBB, (4) melatih berfikir kritis mengenai isu-isu global, dan (5) melatih skill dalam menyelesaikan permasalahan internasional dan mengasah skill diplomasi. Peserta AYIMUN 2019 ini adalah pemuda yang berasal dari seluruh negara yang memiliki pengalaman dalam UN atau ketertarikan dalam UN ini. Peserta juga merupakan pelajar Sekolah Menengah Atas, yang sudah lulus atau mahasiswa dari perguruan tinggi.

            Acara ini dilaksanakan pada tanggal 25-28 Agustus 2019 di hotel Putrajaya, Malaysia, Kuala Lumpur, Malaysia. Peserta AYIMUN ini berasal dari 107 negara dengan jumlah keseluruhan 1500 peserta.

           Maka, dengan diselenggarakannya acara AYIMUN 2019 ini, para peserta bisa mengambil banyak pelajaran dan banyak manfaat untuk dirinya dan juga orang lain. Disamping itu para peserta dapat memperluas jaringan dengan bertemunya para peserta dengan peserta lain yang berasal dari berbagai negara. Kegiatan ini juga akan menjadi momentum bagi anak muda seperti cinda dan anak muda lainnya untuk mempromosikan budaya Indonesia khususnya Gorontalo karena seluruh peserta akan mendapatkan kesempatan untuk mementaskan budaya daerah.