EFL Teaching And Learning In Digital Era and New Orientation of Language Assessment


         Gorontalo : Salah Seorang Dosen UMGo Fakultas Ilmu Budaya Program Studi Sastra Inggris yakni Ibu Indah Wardaty Saud, M.Pd. dan juga sebagai Ketua Program Studi Sastra Inggris, beliau terpilih sebagai pemateri di kegiatan EFL teaching and learning in digital era and new orientation of language assessment. Hal ini dikarenakan Artikelnya masuk di kajian orientasi baru tentang penilaian kemampuan berbahasa inggris, yang dilaksanakan di Lampung. Manfaat pada kegiatan kali ini adalah setiap dosen jangan hanya menggunakan penilaian dari dosen sendiri. Penilaian dari mahasiswa itu sendiri sangat diperlukan agar mahasiswa sadar dimana letak kelemahan dan kelebihan dalam keterampilan menulis bahasa inggris, ujar beliau. Pada Presentasi kali ini dihadiri dari berbagai Universitas yang ada di Indonesia, yakni Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Negeri Jogjakarta, Universitas Negeri Jakarta dan Universitas yang ada di Lampung, peserta-nya kurang lebih sebanyak 40 peserta. Pada kegiatan ini juga Salah satu Keynote speakernya adalah Prof. John Read, MA dari University of Auckland, New Zealand.
      Harapannya para dosen bisa lebih mengasah kemampuan mengajar bahasa inggris dengan berbagai metode dan strategy terbaru seperti pengajaran yang terintegrasi dengan ICT atau teknologi. Dosen juga harus memperhatikan proses penilaian. Baik selama proses pengajaran maupun evaluasi akhir. Karena assessmen atau penilaian selama proses itu cenderung lebih mempengaruhi performa dan hasil belajar mahasiswa dari pada evaluasi pada tahap akhir.
         Ditambahkan juga bahwa Harapan lainnya adalah diharapkan UMGo khususnya sastra inggris bisa menyelenggarakan konferensi International serupa, karena salah satu keynote speakernya sudah bersedia untuk diundang ke Universitas Muhammadiyah Gorontalo.